Selasa, 29 Desember 2015

Menembus Impian



Reseni Buku
Judul Buku/Novel                    :  Menembus Impian
Penulis                                     :  Abidah  El Khalieqy
Penerbit                                   :  Qalbiymedia
Kota dan Tahun Terbit             : Yogyakarta, maret 2010
Cetakan                                  :  Pertama
Jumlah  Halaman                      : 304 Halaman
Harga                                      : Rp. 60.000


Hal yang menarik
Menurut saya novel ini sangat menarik, karena dengan membaca novel ini, kita bisa termotivasi dan terinspirasi dari jalan cerita yang disajikan di dalamnya saat kita membacanya. Cerita ini juga membuat kita bertambah semangat dalam menggapai cita-cita kita selama ini, banyak cara dan banyak jalan untuk menggapai impian kita. Seperti beberapa singkatan untuk menggapai impian, yaitu Doa, Usaha, Ikhtiar, dan Tawakal. Novel ini sangat bagus untuk dibaca, karena sangat memotivasi diri untuk mencapai tujuan kesuksesan itu tidaklah mudah. Dengan berdoa kepada Allah SWT dan giat dalam menggapai cita-cita tanpa mengeluh sedikitpun. Dengan novel ini kita sebagai anak muda patut untuk meniru hal-hal positif yang sangat memotivasi ini dan pantang menyerah untuk menggapai impian kita.
Alur dan Bahasa Pengarang
Novel ini menggunakan alur maju, sehingga pembaca dapat menebak akhir dari cerita novel menebus impian. Bahasa pengarang yang di gunakan dalam novel ini adalah bahasa sehari hari dan juga di gabungkan sedikit dengan bahasa daerah seperti ; Emak ,Dalem ,Ngaputnen. Kata-kata yang digunakan komunkatif, sehingga mudah dimengerti dan di pahami oleh pembacanya dan pesan yang ingin disampaikan oleh pengarang dapat dpahami langsung oleh pembaca .



Kelebihan novel

Bahasa yang digunakan baik juga mudah dipahami banyak orang , karena pemilihan kata katanya menggunakan bahasa keseharian, seperti bahasa gaul yang digunakan , yaitu Gue dan Loe. Kalau dilihat dari covernya cukup baik dapat menarik pembeli yang ingin membelinya dan selain itu ada juga pembatas bukunya yang memudahkan pembaca untuk menandai bacaanya serta didalam bukunya di sertai sebagian gambar foto yang ada dalam alur cerita tersebut.
 Kekurangan dari novel
Dalam novel ini menurut saya ada gambar pendukungnya, tetapi warnanya masih hitam-putih jika berwarna akan lebih menarik dan jelas bila dilihat saat pembaca sedang membaca novel tersebut. Ada tanda baca yang tidak harusnya ada, karena pemborosan tanda baca, misalnya tanda titik tiga kali.
Pesan moral
Sebuah novel yang memberikan kita banyak inspirasi tentang hidup ini dan juga memberkan nilai nilai agama dan moral yang baik. Dalam novel ini banyak amanat yang ingin disampaikan kepada para  pembaca. Amanat yang terkandung adalah :
  1. Hidup itu perlu kerja keras dan perjuangan. Hidup itu kadang  di atas kadang di bawah. Melewati masa susah dan itu semua harus di hadapi dengan kerja keras dan perjuangan,tapi jika sudah sukses janganlah lupa bersyukur,dan jangan sombong
  2. Kekayaan bukan kunci kebahagiaan,kerja keras adalah kunci kesuksesan. Jika kamu mencintai apa yang kamu lakukan,kamu akan mendapatkan kenyamanan.
  3. Jangan menyerah dan putus asa.
  4. Novel ini akan menjadi  semangat kta untuk berjuang menuju kesuksesan . Membuka mata kita bahwa impian adalah kesuksesan yang berada ditangan kita sendiri  karena kitalah penentu nasib tersebut.
  5. Meskipun kehidupan yang kita jalani sangat sederhana dan susah, kita harus tetap bersyukur     atas apa yang diberikan kepada Allah SWT kepada kita.
  6. Selain berusaha kita harus berdoa kepada sang pencipta, karena berdoa dan berusaha adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dalam menjalani hidup ini.


Kesimpulan Dari Novel
Novel Menembus Impian ini adalah novel yang baik dan layak di baca yang bercerita tentang Nur sosok perempuan muda  dalam memilih takdirnya sediri , yang  menjalani kehidupan keras bersama ibunya yang bernama Sekar, yang hanya bekerja sebagai seorang buruh cuci. Walaupun  banyak cobaan berbagai rintangan  dan derita yang dia hadapi , namun ia tetap terus berusaha keras dan pantang menyerah untuk melewati semua cobaan tersebut untuk meraih cita-citanya, dengan segala usahanya dengan sungguh sungguh mengubah pandangan hidupnya selama ini untuk dapat hidup yang lebih baik lagi, bersikap mandiri tanpa tergantung kepada semua orang ataupun siapapun kecuali Allah SWT. Akan tetapi, ditengah-tengah perjuangannya tersebut, ia bertemu berbagai pria yang menyukainya. Sampai akhirnya ia memilih satu pria yang dipercayainya. Semua impian yang diinginkannya, ia tulis besar-besar di kertas dan ditempel di dinding kamarnya. Sampai akhir cerita ia (Nur) mampu menembus impian-impiannya dan juga harapan dari ibu kandungnya. Tidak ada kata kata menyerah, sampai pada akhirnya ia memperoleh penghargaan dari tempatnya bekerja , juga dari perguruan tinggi dimana ia menyelesaikan gelar sarjananya bertepatan dalam peringatan Hari Kartini. Novel ini sangat menginspirasi dan memotifasi bagi pembacanya agar   menjadi semangat dan tidak perlu ragu atau takut untuk menggapai impiannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar